Pengumuman Jalur Lokal PPDB DKI Jakarta 2013 : Tidak Seketat Jalur Umum Tahap 1

Alhamdulillah. Lega rasanya melihat para orangtua yang tersenyum ketika melihat anaknya diterima di SMP negeri melalui Jalur Lokal. Pengumuman kemarin, tanggal 3 Juli 2013 pukul 16.00 WIB menjadi harapan seluruh orangtua murid yang belum merasa aman anaknya diterima di SMP Negeri. Satu-satunya harapan hanyalah Jalur Lokal sesuai dengan zona wilayah tempat tinggal.

Sebut saja, Ghina Aramita Hermawan. Siswa lulusan SDN Cipinang Melayu 09 Pagi itu mendapatkan Nilai UN 26,80 atau rata-rata tepat 8,9. Cita-citanya ingin masuk ke SMPN 115 Jakarta seperti kakak kelasnya yang juga 2 tahun lalu tembus di SMP Negeri terbaik di Jakarta itu. Ternyata usut punya usut, keinginan itu bersambut dengan keinginannya masuk di SMAN 8 Jakarta atau SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta. Luar biasa memang cita-cita anak ini. Meski ia hanya seorang anak yang baru lulus kelas 6 SD tapi mampu berpikir tentang road map masa depannya.

Setelah ditelusuri ternyata nilai untuk masuk SMPN 115 Jakarta dari hasil tahun lalu tidak terlalu tinggi 7,8. Saat PPDB DKI Jalur Umum dibuatlah strategi bersama dengan Kak Iyan dari LCC Jatiwaringin, bahwa pilihan untuk kesempatan pertama ditujukan untuk sekolah idaman Ghina yaitu SMPN 115, SMPN 49, SMPN 216. Wuih, sekolah hebat semuanya. Ternyata di pilihan pertama itu belum mampu tembus. Meski sudah disiapkan plan B untuk kesempatan mendaftar berikutnya, namun diusulkan oleh Kak Iyan untuk diurungkan karena hanya tersisa sekolah reguler saja.

Bersama orangtua Ghina dan Kak Iyan, melihat berbagai pertimbangan akhirnya ditetapkanlah strategi untuk tembus SMPN 49 melalui jalur Lokal. Semua pihak sepakat, SMPN 49 adalah harga mati bagi Ghina untuk melanjutkan sekolahnya. Jika tidak tembus, maka beberapa sekolah swasta sudah dihubungi oleh Kak Iyan sebagai alternatif sekolah, seperti Madina School (Tebet), JISc (Kalimalang), dan Thoriq bin Ziyad (Cikarang). Kak Iyan sebagai branch manager dari LCC Jariwaringin sangat mengenal channel langsung ke beberapa sekolah swasta yang ada di sekitar Jakarta dan Bekasi. Hingga tak jarang, banyak orangtua yang mempercayakan anaknya belajar di LCC Jatiwaringin karena faktor mereka percaya pada pelayanan dan jaminan yang diberikan oleh Kak Iyan kepada orangtua.

Hari pendaftaran lokal pun tiba. Mendaftar untuk SMPN 49, SMPN 20, dan SMPN 150. Memang pilihan yang sulit karena bila terlempar dari SMPN 49 maka sekolah lainnya hanya untuk penghias saja. Dua hari sebelumnya sudah dilakukan pendaftaran di JISc Kalimalang. Hingga tiba pengumuman Jalur Lokal PPDB DKI Jakarta 2013 pada sore kemarin. Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Ghina Aramita Hermawan diterima di SMPN SSN 49 Jakarta (dulu RSBI) di urutan 118 dari 150 siswa.

Kegembiraan yang sama juga dialami oleh siswa kami yang mengikuti PPDB DKI Jakarta 2013. Andreas Rio Pardomuan diterima di SMPN SSN 128 Jakarta, Cahya Happy Auriza Yulianto diterima di SMPN SSN 128 Jakarta, Baginda Sunan diterima di SMPN 51 Jakarta, dan Zaki Nur Ihsan diterima di SMPN 51 Jakarta, Yudhistira Mio Sadewo diterima di SMPN SSN 115 Jakarta (dulu RSBI), dan Sherly Anggia Sari diterima di SMKN 33 Jakarta Jurusan Tata Boga. Sedangkan beberapa lainnya masih menunggu pengumuman dari PPDB Kota Bekasi. Selamat untuk kalian, terus berjuang karena ini baru awal perjuangan kalian. Sekali lagi, Selamat!!

Berikut hasil akhir dari PPDB DKI Jakarta 2013 Jalur Lokal untuk Pengumuman Akhir Hasil Seleksi Jalur Lokal SMP, SMA, dan Jalur Umum Tahap 2 SMK  PPDB DKI Jakarta 2013.

Pengumuman Akhir Jalur Lokal PPDB DKI Jakarta 2013 Tingkat SMP

Pengumuman Akhir Jalur Lokal PPDB DKI Jakarta 2013 Tingkat SMA

Pengumuman Akhir Jalur Umum Tahap 2 PPDB DKI Jakarta 2013 Tingkat SMK

 Kami terus berdoa kepada siswa-siswa kami lainnya yang sedang berjuang di PPDB Kota Bekasi 2013 semoga diterima di sekolah negeri impian kalian.

One comment on “Pengumuman Jalur Lokal PPDB DKI Jakarta 2013 : Tidak Seketat Jalur Umum Tahap 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s