PPDB Jakarta 2013: Ketatnya Persaingan Masuk Sekolah Negeri

Persaingan passing grade ppdb jakarta 2013

Wuihh.. 3 hari yang menegangkan. Seluruh siswa dan orangtua di PPDB Jakarta tahun ini terasa tegang dan harap-harap cemas. Semua langkah sudah dipenuhi agar anak-anak mereka diterima di sekolah negeri favorit mereka. Upaya belajar selama 1 tahun di kelas 6 SD dan 9 SMP lalu harus tumbang dengan persaingan ketat dari pendaftaran sekolah negeri tahun ini yang diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Bayangkan saja, untuk masuk SMP Negeri nilai 9,100 sudah tidak diterima lagi kecuali harus memilih SMP Negeri di luar area tinggal atau di pinggiran Jakarta. Begitu pula dengan masuk SMA Negeri, nilai 8,500 harus berjuang ekstra untuk dapat diterima di SMA Negeri. Fenomena mengganti pilihan sekolah, bolak-balik Warnet or rumah, dan tangisan sesenggukan di depan komputer seakan menjadi pewarna di kegiatan penerimaan pendaftaran peserta didik baru di Jakarta.

PPDB Jakarta Tahun 2013 ini diberlakukan aturan Jalur Umum dan Jalur Lokal. Jalur Umum hanya diisi 45% dari kuota, artinya bila kuota 300 siswa maka hanya menerima 135 siswa saja di Jalur Umum. Dan 45% lagi digunakan di Jalur Lokal dengan metode Zona Sekolah per kecamatan atau gabungan beberapa kecamatan. Sedangkan 5% lagi untuk siswa berprestasi dan 5% untuk siswa luar DKI Jakarta.

Jalur Lokal hanya dapat diikuti oleh siswa yang tidak lulus seleksi di Jalur Umum. Untuk Jalur Umum diisi oleh siswa yang memiliki Nilai UN minimal 8,900 sehingga passing grade dari masing-masing sekolah di DKI Jakarta terangkat naik setinggi-tingginya karena banyak orangtua yang ingin mengamankan diri di Jalur Umum. Bisa saja karena anak-anak mereka bersekolah di Jakarta tapi Kartu Keluarga-nya luar Jakarta, yang tentu saja tidak bisa mengikuti Jalur Lokal yang hanya bisa diikuti oleh warga Jakarta.

Mulailah fenomena “eksodus” di Kelurahan dan Kecamatan di hampir seluruh DKI Jakarta melayani perpindahan Kartu Keluarga atau perubahan KK untuk anak di bawah umur alias berusia sekolah. Hingga akhirnya pihak Dukcapil harus memberlakukan kebijakan khusus untuk hal ini. Belum lagi orangtua yang akan mendaftarkan anaknya di Sekolah Dasar di DKI Jakarta yang harus melampirkan Akta Kelahiran anak, juga ramai-ramai melaporkan diri ke kelurahan atau walikota setempat.

Hari ini 26 Juni 2013 pukul 16.00 akan dilakukan pengumuman akhir Jalur Umum Tahap 1 untuk PPDB SMP, SMA, SMK Negeri di DKI Jakarta. Untuk pengumumannya dapat dilihat di link berikut :

Pengumuman Akhir SMP Negeri Jalur Umum Tahap 1

Pengumuman Akhir SMA Negeri Jalur Umum Tahap 1

Pengumuman Akhir SMK Negeri Jalur Umum Tahap 1

Semoga di Jalur Lokal Zona Sekolah siswa-siswa dengan nilai dibawah 8,900 dapat diterima di SMP, SMA, SMK Negeri di DKI Jakarta. Dan untuk siswa-siswa yang masih belum diterima juga di Jalur Lokal, jangan bersedih karena masih ada jalur terakhir yakni Jalur Umum Tahap 2 (bangku cadangan) yang disediakan oleh sekolah. Jadi terus berdoa dan jadikan persaingan ketat memasuki sekolah negeri favoritmu menjadi batu loncatan untuk mendapatkan nilai yang terbaik di Ujian Nasional 2014 agar sekolah favoritmu dapat kamu raih dengan mudah. Semoga Berhasil!!!

One comment on “PPDB Jakarta 2013: Ketatnya Persaingan Masuk Sekolah Negeri

  1. SMAN 8 Jakarta…………. Bagus banget

    WIKIPEDIA 2013 :
    Passing Grade
    UN terendah …. 9,388 (2013)
    UN rata-rata …. 9,502 (2013)
    UN tertinggi …. 9,800 (2013)

    OSN 2013 di bandung : 4 Emas, 1 Perak, 3 Perunggu

    PTN 2013 : Tembus 91,84% = 384 anak dari 417 anak
    UI 222, ITB 115, UGM 41

    Kedokteran UI (FK UI) 2013, tembus 26 anak

    SNMPTN jalur Undangan, PPKB UI, Talent Scouting 2013 tembus 132 anak

    10 Besar UN SMA 2013 se Indonesia (rata2 UN SMA : 8,74)

    Ada 2 (dua) siswi putri masuk 10 Besar UN tertinggi SMA se Indonesia 2013 :
    Gracia Isaura Laurensia ( rata2 UN 9,75) masuk ITB
    Sarah Aliya Firnandya ( rata2 UN 9,73) masuk UI (teknik Metalurgi)

    Peringkat 2 Sekolah dgn Toillet terbersih dan tersehat se SMA Jaksel 2013:
    Peringkat 1 nya SMA Labschool Kebayoran

    Tahun 2014 : UN 2014 aja belom, 4 siswa SMAN 8 Jkt sdh di terima BEASISWA “Monbugokashu JEPANG” 2014.
    (ke 4 siswi tersebut cewek semua)..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s