Bocoran (lagi) Soal Ujian Nasional 2013

Ujian Nasional 2013 kini telah dipersiapkan secara matang. Meski ada gonjang-ganjing tentang akan dihapuskannya UN untuk tingkat sekolah dasar dikarenakan wajib belajar 9 tahun harus diterapkan secara utuh bagi seluruh anak Indonesia. Tetap UN 2013 akan segera berlangsung bulan depan. Berikut jadwal lengkap Ujian Nasional 2013 :

Jadwal-UN-2013 jadwal un 2013 sma dan ma (aliyah) jadwalUN2 Jadwal UN 2013

Selain itu, ada beberapa bocoran soal Ujian Nasional 2013 yang ingin dibagi kepada seluruh sahabat, yaitu :

Pertama, Siswa diprediksi akan susah melakukan kecurangan karena LJK dan Paket Soal adalah satu kesatuan utuh yang tidak bisa ditukar atau dipisahkan karena telah dilakukan sistem barcode pada setiap LJK dan Paket Soal.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Khairil Anwar Notodiputro menyampaikan, mulai tahun ini naskah soal UN dengan lembar jawaban tidak terpisah.

Jika pada tahun lalu peserta didik dapat menggunakan lembar jawaban temannya karena terpisah, mulai tahun ini naskah soal dengan lembar jawaban UN (LJUN) merupakan satu kesatuan.

“Naskah soal dan lembar jawaban UN menggunakan sistem barcode,” katanya memberikan keterangan pers di sela-sela kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayan (RNPK) 2013 di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Depok, Selasa (12/2/2013).

Pada rilis yang diterima Solopos.com melalui mediacenterdikan, Selasa, Khairil menjelaskan dengan menggunakan barcode, maka peserta ujian tidak dapat saling tukar kode soal seperti tahun lalu.

Dia mengungkapkan kalau keduanya dipisah maka peserta didik akan menjawab soal secara salah, yang tidak cocok dengan lembar jawaban UN-nya.

“Bayangkan kalau keliru, LJUN A dengan soalnya B, pasti jelek sekali nilai si anak,” lanjutnya.

Sumber : http://www.solopos.com/2013/02/13/un-2013-soal-dan-lembar-jawaban-un-gunakan-barcode-378536

Kedua, sistem komputerisasi yang dilakukan oleh Kemendikbud untuk terus menjamin semakin baiknya pelaksanaan UN di tahun ini, juga ditambah dengan disiapkannya paket soal yang bervariasi di dalam 1 (satu) provinsi yakni 30 paket soal. Padahal yang digunakan oleh sekolah hanya 20 paket soal dalam 1 kelas, dan tiap kelas dalam 1 sekolah akan memiliki paket soal yang berbeda. Ini akan memperkecil peluang dari broker atau pembocor soal UN yang berkeliaran di sekitar sekolah menjelang UN berlangsung. Tentunya juga akan mempersulit gerak dari “oknum” yang sengaja menebarkan jawaban sesaat UN dimulai.

Hal senada disampaikan Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Teuku Ramli Zakaria. Dengan barcode, terang dia, peserta didik tidak perlu lagi menulis kode soal.
“Kode soal tidak akan sama dengan yang lain karena berdasarkan barcode,” terangnya.

Khairil menambahkan persiapan UN saat ini sampai pada merakit soal dan diharapkan cepat selesai. Adapun jumlah soal sebanyak 20 paket untuk setiap ruang ujian berisi 20 peserta. Meski demikian, lanjut dia, jumlah variasi paket soal tiap provinsi sebanyak 30 buah.

“Soal untuk kelas A dan kelas B bisa berbeda karena dibuat 30 paket soal, tetapi dalam ruangan tetap 20 soal,” ucapnya.

Sumber : http://www.solopos.com/2013/02/13/un-2013-soal-dan-lembar-jawaban-un-gunakan-barcode-378536

Ketiga, ditegaskan kembali bahwa soal UN yang beredar di tiap kelas adalah 20 paket soal. Sehingga sangat kecil kemungkinan siswa dapat melakukan kecurangan saat di kelas. Hal ini ditegaskan oleh Kemendikbud, Mohammad Nuh.

“UN 2013 besok tetap untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK seperti biasanya, hanya yang membedakan ada 20 variasi soal,” katanya.

Ia mengatakan UN 2013/2014 terbuka untuk dilakukan evaluasi, sedangkan hasil evaluasi akan ditetapkan.

Demikianlah bocoran soal Ujian Nasional 2013 yang kami bisa berbagi kepada sahabat semua. UN 2013 bukanlah momok yang harus ditakuti oleh semua pihak. Hadapi dengan tenang dan persiapkan segalanya dengan baik. Bukan hal yang mustahil, sekolah lanjutan favorit ada di genggamanmu.

Butuh bocoran soal UN 2013 untuk SD, SMP, SMA, SMK ??? Silahkan download saja sesuka hatimu… (klik disini)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s