Seputar Multiple Intelligences

Orangtua terkadang mengalami kebuntuan saat melihat realita pada sang anak yang tak sesuai dengan harapan. Mereka terkesan stres menghadapi keinginan dan bakat anak. Sesuatu yang diluar dugaan orangtua bahkan prediksi secara terprogram. Banyak orangtua kadangkala ingin anaknya menjadi seperti ini, itu, dan ini. Tetapi mereka tidak sadar bahwa setiap anak dikaruniai Tuhan kecerdasan yang baru muncul saat mereka beranjak tumbuh. Bisa saja pola lingkungan yang sudah dibangun dari awal tidak berpengaruh pada anak karena memang bukan itu yang di-mau oleh Tuhan.

Berkaca dari hal-hal itulah, LCC Jatiwaringin memiliki program MIT (Multiple Intelligences Test) pada awal pendaftaran siswa baru. Dan muncul pertanyaan-pertanyaan seputarnya. Kini kami sajikan beberapa pertanyaan dan jawaban yang kami sadurkan dari buku “Multiply Your Multiple Intelligences” karya JJ Reza Prasetyo dan Yeny Andriani.

Teori Multiple Intelligences diperkenalkan pada tahun 1983 oleh Dr. Howard Gardner, seorang guru besar di bidang psikologi da pendidikan dari Harvard University. Teori ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari kalangan pendidikan di USA.

Beliau menyebutkan bahwa inteligensi bukanlah suatu kesatuan tunggal yang bisa diukur secara sederhana dengan tes IQ. Inteligensi dapat ditingkatkan dan berkembang sepanjang sejarah hidup seseorang. Dr Gardner mendefinisikan inteligensi sebagai suatu kapasitas untuk memecahkan permasalahan atau membentuk produk yang bernilai dalam satu atau lebih latar budaya.

Pada awalnya, Dr. Gardner merumuskan tujuh inteligensi kolektif yang bersifat sementara. Dalam perkembangannya, beliau menambahkan satu lagi sehingga menjadi delapan jenis inteligensi yang secara bersama terdapat dalam jiwa anak-anak dan dewasa, yaitu :

  1. Linguistic Intelligence (Kecerdasan linguistik/bahasa)
  2. Logical-Mathematical Intelligence (Kecerdasan Logika-Matematika)
  3. Visual-Spatial Intelligence (Kecerdasan Visual-Spasial)
  4. Bodily Kinesthetic Intelligence (Kecerdasan Kinestetik Tubuh)
  5. Musical Intelligence (Kecerdasan Musikal)
  6. Interpersonal Intelligence (Kecerdasan Interpersonal)
  7. Intrapersonal Intelligence (Kecerdasan Intrapersonal)
  8. Naturalist Intelligence (Kecerdasan Naturalis)

Pertanyaan-pertanyaan yang muncul adalah :

Pertanyaan 1 :

Mengapa setiap orang perlu mengetahui Multiple Intelligences-nya?

Dalam pengertian yang dikenal selama ini, inteligensi merupakan ukuran tunggal yang bisa diukur melalui alat tes IQ sehingga pertanyaan yang muncul adalah, “Seberapa pandaikah saya?”. Namun, dari pengertian MI, pertanyaan yang muncul adalah, “Bagaimana saya menjadi pandai?”. Pada dasarnya setiap orang dilahirkan dengan sejumlah kecerdasan potensial yang siap dikembangkan. Oleh sebab itu, dengan mengetahui perkembangan MI, kita dapat meningkatkan kemampuan kita dan menggapai cita-cita dan tujuan hidup kita.

Pertanyaan 2 :

Apa manfaat dilakukan pengukuran MI?

Selain kita menjadi tahu kemampuan potensial kita, inteligensi yang sudah berkembang dengan baik dan belum, manfaat lain yang bisa diperoleh adalah :

  • Dapat mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan tugas sekolah, masalah belajar pribadi, hubungan teman, guru pada anak-anak dan peserta didik.
  • Sedangkan bagi orang dewasa sebagai indikator penjurusan studi kuliah lanjut, penentuan, karir, dan panduan mengatasi permasalahan hidup sehari-hari.

Pertanyaan 3 :

Seberapa terpercayakah profil yang ditampilkan oleh MI Scales ini?

Profil ini merupakan satu indikator yang terkait dengan respons Anda terhadap setiap pertanyaan yang ada sehingga tetap perlu ditinjau dan diperjelas melalui media refleksi, diskusi, dan perbandingan dengan infomasi lainnya.

Pertanyaan 4 :

Selanjutnya, bagaimana/apa tindak lanjut yang perlu dilakukan setelah kita tahu Skala MI setiap pribadi/anak?

Pertama, kita harus meninjau terlebih dahulu tujuan pengukuran dilakukan. jika tujuannya adalah untuk mengatasi permasalahan belajar maka kita lihat inteligensi yang bisa mendukung optimalisasi belajar yang bersangkutan sehingga hal itulah yang kita manfaatkan. Agar lebih detail dan jelas, hal itu bisa dikonsultasikan kepada interpreter/penyusun profil Anda. (penguji)

Pertanyaan 5 :

Bagaimana cara meningkatkan MI kita?

MI dapat meningkat atau berkembang seiring dengan perkembangan hidup seseorang. Setiap kali menghadapi permasalahan hidup, setiap aspek MI dapat berkembang dengan sendirinya. Namun demikian untuk lebih mengoptimalkan perkembangan MI-nya, seseorang dapat berlatih sesuai dengan tujuan perkembangan itu sendiri.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s